Jual Panel Lantai

Bata Ringan News

Update Harga Bata Ringan Focon, Bricon dan Falcon

Kenaikan Harga Jual Bata Ringan Focon, Bricon dan Falcon Bata ringan di Pertengahan bulan September 2016 ini ada beberapa merk bata ri...

Dinding Bata Ringan, Rumah Nyaman Bebas Lembab dan Jamur

Dinding Rumah Nyaman Bebas Lembab dan Jamur

Kelembapan yang terjadi pada bagian bangunan rumah :

  • Kelembapan Atas (Plafon). Kelembapan  yang terjadi karena air hujan pada genteng yang bocor, mengalir melalui kuda-kuda, dan merembes ke plafon. Atau bisa juga dari talang penampung yang sudah tua atau bocor, sehingga saat hujan, ia tidak mampu maksimum menampung air. Cara mudah untuk memeriksa kebocoran atap adalah naik ke atas plafon siang hari, lalu amati sinar yang memancar dari atas atau atap rumah.
  • Kelembapan Tengah (Dinding). Kelembapan pada dinding rumah lebih bersifat merata dan sulit diperbaiki. Biasanya terjadi terus-menerus, bukan di musim hujan saja. Penyebab utamanya karena kualitas material dinding dan  plesteran bangunan jelek. Hal ini berlaku pada dinding bagian luar maupun dinding bagian dalam. Untuk mencegah ini, Anda perlu mengawasi pengerjaan rumah saat dibangun. Penggunaan air comberan akan membawa serta bakteri dan jamur pada dinding rumah. Akibatnya, bila terjadi rembesan air, kelembapan akan cepat dan mudah terjadinya. 
  • Kelembapan Bawah (Lantai). Penyebabnya terjadi secara terus-menerus. Hanya saja kelembapan pada lantai lebih ke arah struktur bangunan seperti pondasi dan sloof (semacam balok beton bertulang di atas pondasi dan menghubungkan seluruh bagian bawah kolom). Lagi-lagi campuran material struktur yang tidak baik menjadi penyebab utamanya. Apalagi bila tidak dilindungi dengan bahan kedap air, kontak langsung dengan tanah akan mempermudah terjadinya rembesan ke dalam struktur tersebut, yang akhirnya mencapai permukaan lantai.

Mengatasi atau menghindari kelembapan: 
  • Pilih bahan baku rumah secara selektif.  Pilih material yang mempunyai daya serap air yang rendah. Bata ringan merupakan salah satu pilihan material dinding yang cocok jika menginginkan dinding bangunan terhindar dari kelembapan. Bata ringan mempunyai daya serap air yang lebih baik daripada bata merah. Penggunaan plasteran dengan menggunakan semen instan plaster bersama dengan bata ringan merupakan pilihan cerdas jika ingin dinding terbebas dari lembap dan berjamur.
  • Dari sisi interior, perhatikan kolam hias atau ornamen yang memadukan unsur air, seperti air mancur, aliran air di kaca yang membias. Interior ini bisa membantu terjadinya kelembapan. 
  • Perhatikan bahan interior kayu terutamajenis particleboard. Bahan ini adalah jenis kayu dari campuran serbuk kayu yang dioven dengan campuran lem, dan biasanya digunakan sebagai bahan perabot, seperti kitchen set ataupun lemari, terutama perabot yang sudah jadi atau build in pabrik (bukan ditempa). Secara teknis, bahan ini tidak terlalu berbeda dengan bahan kayu lainnya. Cuma lebih rentan terhadap air dan lebih cepat lembap dan berjamur.
  • Maksimalkan masuknya cahaya matahari ke dalam ruang, juga teraturnya sirkulasi udara yang memenuhi syarat sebagai cross ventilation.
  • Perhatikan masalah plumbing atau pemipaan dari sumber air menuju kran yang ada di tiap kamar mandi dan dapur yang selalu dipasang di dalam dinding. Pastikan sambungan pipa dicek terlebih dahulu, apakah bocor atau tidak, sebelum ditutupi plester. 
Kurangi kelembapan. Bila kondisi kelembapan cepat diketahui dan belum menjalar lebih dari 30 cm ke atas, bisa diatasi, walaupun bersifat sementara. Caranya, oleskan bahan waterproofing pada bagian dinding yang lembap. Namun bila kelembapan sudah parah dan berlangsung lama, apalagi dibarengi dengan munculnya bercak jamur, satu-satunya cara adalah dengan melakukan hal sebagai berikut:

  • Bongkar atau kerok seluruh plasteran dinding yang lembab dan sudah berjamur. Sebaiknya dilakukan pada kedua sisi dinding.
  • Ganti plesteran tersebut dengan plasteran semen instan .
  • Kalau Anda punya dana lebih, campurkan pada air plesteran tersebut adukan bahan kedap air (aquaproof) yang banyak terdapat di toko bangunan.
  • Tunggu plesteran kering benar (2 minggu) untuk selanjutnya dilakukan pengacian atau diplamir dan diakhiri dengan pengolesan bahan water proofing.
  • Gunakanlah cat antijamur yang banyak dijual di pasaran. Walaupun sedikit mahal, namun cukup ampuh mengurangi terjadinya kelembapan dan jamur.
  • Bila kelembapan dan rembesan terjadi di dinding luar rumah, gunakan cat minyak atau cat yang kedap air minimal 1,5 meter dari lantai. Baru setelah itu dicat dengan cat yang diinginkan. 
Untuk info dan pemesanan Bata Ringan berbagai merk, panel lantai dan semen instan segera hubungi :
Jl. Raya Klakahrejo, ruko TCBD-TR.1/11 Surabaya
Telp. 031-51160405
HP Hotline : 085733098111, 085100398222, 081231313222, 087853640111, 085331398222
Email : cvtigamitra@gmail.com
PIN BB : 58866B9C
http://jualbataringanaac.blogspot.com
http://id-id.facebook.com/jualbataringansurabaya
http://mitrabangunananda.com
TIGA MITRA BANYUWANGI
Telp. 082234615557


Subscribe to receive free email updates: